Now Playing Tracks

Festival Baitul Amin 2012 

Festival Baitul Amin 2012

Festival Baitul Amin 2012

Festival Baitul Amin adalah suatu wadah untuk bersilaturrahim yang diselenggarakan oleh Surau Baitul Amin. Pada tahun 2012 kali ini akan digelar dengan mengangkat tema “Bersama dalam Sukacita”. Serangkaian kegiatan pada Fesba 2012 kali ini meliputi Free Style Marawis Competition, Tabligh oleh Ustadz Jeffrey Al Buchori, Pagelaran Musik Debu, dan Bursa UKM - Bazaar & Pasar Rakyat.

[19 Mei 2012]

Bersama dalam Sukacita

sukacita” adalah esensi dan suasana yang akan mewarnai pelaksanaannya yang insya Allah akan dimulai pagi hingga malam hari pada Sabtu, 19 Mei 2012.

‘Sukacita’ dengan tepat melukiskan budaya di lingkungan Surau Baitul Amin. Sehari-hari, berbagai kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama di sana, dilakukan dengan kebersamaan dan keceriaan. Di berbagai pertemuan gelak tawa terdengar, bahkan saat diskusi atau rapat persiapan suatu kegiatan peribadatan maupun kegiatan lainnya harus berlangsung.

Ketulusan dan keikhlasan dalam melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan ibadah, pelatihan dan kegiatan ubudiyah lainnya, pengkajian Quran dan Hadits, didasari kecintaan kepada Surau. Karena, semuanya didasarkan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berkarya di Surau.

Sementara itu, sukacita juga salah satu dari nilai-nilai dalam berperilaku yang dicanangkan oleh Al Mukarrom Sayyidi Syaikh H. Abdul Khalik Fadjuadi, SH, Pimpinan Yayasan Prof. Dr. Kadirun Yahya (YDPKY). Surau Baitul Amin adalah salah satu dari 600 surau dan tempat wirid diseluruh Indonesia yang bernaung dibawah YPDKY. Adapun tujuan dari pencanangan 7 Nilai Dasar Yayasan tersebut adalah untuk membentuk masyarakat dzikrullah yang baik hati (berakhlakul karimah) dan membawa manfaat bagi alam sekitarnya.

Mewujudkan Konsep

Festival Baitul Amin 2012 dalam Konsep “Bersama Dalam Sukacita” diwujudkan melalui berbagai kegiatan sebagai berikut:

Free Style Marawis Competition

Freestyle Marawis Competition

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, Freestyle Marawis Competition pada Festival Baitul Amin 2012 akan dibuka bagi umum. Para pesertanya adalah kelompok musik yang terdiri dari 5 hingga 12 orang. Berbeda dengan kompetisi Marawis pada umumnya dalam FMC peserta diberikan keleluasaan berkreasi.

Peserta FMC wajib membawakan lagu ciptaan sendiri dengan tema Islami. Lirik ditulis dalam bahasa Indonesia yang boleh sedikit dicampur dengan bahasa Arab, Inggris, atau bahasa daerah. Diperbolehkan juga memadukan teknik menyanyi dengan rap, acapella, beat box, dsb. Diwajibkan menggunakan instrumen marawis, yaitu alat musik perkusi warisan seni budaya Yaman.

Kecuali drum set, diperboleh menggunakan instrumen tambahan seperti gitar, bas, biola, angklung, ukulele, turn table, dan sebagainya. Penggunaan instrumen hanya dibatasi oleh jumlah amplifier.

Gebyar UKM - Usaha Kecil Menengah

Bisnis adalah silaturrahim” Demikian dipesankan oleh Al Mukarrom Syaikh H. Abdul Khalik Fadjuadi, SH, Pimpinan YPDKY. Beranjak dari silaturrahim, konsep Gebyar UKM dalam Festival Baitul Amin adalah memfasilitasi silaturrahim yang seluas-luasnya bagi para pengusaha dan pedagang yang ada di lingkungan surau, pos dan IOP.

Gebyar UKM

Para peserta Pasar UKM berinteraksi dengan panitia, sesama pedagang, dan berkesempatan bertemu dengan pihak investor, vendor/supplier yang relevan dengan bisnis yang mereka jalani saat ini maupun ingin jalani di masa mendatang. Interaksi terbentuk dari sebelum pelaksanaan Bazaar di bulan Mei 2012 nanti, melalui kesempatan-kesempatan yang dibentuk yakni: proses pendaftaran (online dan lokasi-lokasi pengambilan formulir) dan forum diskusi bisnis.

Pagelaran Musik

Musik Debu

Daya tarik suatu pagelaran musik yang dikemas secara baik adalah media komunikasi yang kuat. Demikian pula untuk menyampaikan pesan mengenai surau kepada khalayak. Sebagai acara puncaknya, Festival Baitul Amin 2012 menghadirkan kelompok musik bernuansa Islami yang dapat menghibur pengunjung, dengan mengusung tema sukacita dalam nuansa dan koridor Islam.

Tabligh

Tabligh Uje

Tujuan dari dilaksanakannya tabligh dalam Festival Baitul Amin 2012 adalah untuk menyampaikan ajaran Islam akhlakul karimah melalui figur yang populer yang mempunyai daya tarik massa pengunjung. Format acara adalah tausyiah dengan topik yang sejalan dengan tema Festival Baitul Amin 2012, yaitu:  Sukacita Dalam Islam.

(Source: networkedblogs.com)

We make Tumblr themes